Rabu, 17 Mei 2017

jurang tembelan dan Selfie foto di Titanic kapal Mangunan

Kanigoro Tembelan Gorge adalah daya tarik wisata alam bukit tebing yang mengabdikan diri sebagai lokasi foto. Objek wisata ini memiliki konsep yang hampir sama dengan Bukit Panguk Kediwung terkenal untuk Jembatan selfie atas awan. Daya tarik utama dari atraksi ini adalah selfie tempat dengan bentuk kapal di pinggir tebing dengan latar belakang pemandangan Sungai Oyo.
Jurang Tembelan terletak di desa Kanigoro, Kanigoro Dusun, desa Mangunan, Dlingo Kecamatan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Tembelan Kanigoro Gorge terletak cukup dekat dengan Kebun Buah Mangunan dibandingkan dengan wisata lainnya di sekitar Mangunan Bantul. Rute ke tempat ini adalah hampir sama dengan pergi ke kebun buah Mangunan. Sebelum memasuki gerbang Mangunan kebun ada yang mengambil kecil persimpangan jalan ke kiri. Beberapa puluh meter ke kiri ada area parkir yang dikelilingi oleh makanan warung dan di dalamnya adalah lokasi Jurang Tembelan. Tempat parkir yang disediakan cukup lebar dan jarak dari tempat parkir ke foto cukup dekat.

Kanigoro Tembelan Gorge adalah sebuah objek wisata baru yang baru-baru ini telah dikembangkan menjadi objek wisata di Dlingo Bantul dan bebarengan dengan atraksi lainnya seperti tebing Watu Lawang, Songgo langit dan Hill Mojo. Tempat ini memiliki sedikit pesona mana didedikasikan sebagai lokasi foto atau sekarang dikenal sebagai lokasi foto selfie. Daerah wisata praktis sempit karena ini hanya menggunakan daerah tebing bukit atau jurang. Pemandangan alam bukit ini adalah hampir sama dengan pemandangan dari puncak bukit Mangunan di Taman karena mereka keduanya berdekatan.

Selfie spot yang berbentuk seperti perahu atau kapal adalah daya tarik serta ikon turis Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat selfie ini dibuat dari bambu yang selfie tempat ini berada di tepi bukit atau jurang dengan latar belakang aliran sungai Oyo di bagian bawah yang dikelilingi oleh pegunungan Bukit Seribu. Pengunjung dapat bergiliran untuk mengambil gambar di atas tempat kapal ini dikenal dengan nama Mangunan Titanic nya. Selain tempat kapal Titanic masih ada beberapa tempat selfie menarik untuk digunakan sebagai lokasi foto. Ketika gratis belum biaya alias tetapi Pengunjung dipersilahkan untuk memberikan sumbangan untuk biaya pemeliharaan.

Posisi Kanigoro Tembelan Gorge yang menghadap ke Barat atau lebih tepatnya tepi barat membuat tempat ini cukup menarik untuk digunakan sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam atau matahari terbenam. Selain itu, tidak adanya hambatan di sisi barat membuat adegan tampaknya longgar dan lebar. Bagi pengunjung yang datang di pagi hari kondisi ini juga tidak kalah indah mana atmosfer sekitar seperti berada di negeri di atas awan karena kabut tebal di bawah tebing atau objek wisata ini. Pengunjung hanya memilih apakah akan datang ke tempat ini pagi atau sore.
Fasilitas penunjang wisata di obyek wisata Tembelan Kanigoro Gorge cukup lengkap walaupun itu harus diperbaiki dan dilengkapi. Warung makanan tersedia di kawasan wisata ini dengan harga terjangkau dan tidak mencekik pengunjung. Diharapkan bahwa manajer memberikan kesan positif wisatawan yang puas untuk melakukan perjalanan di objek wisata ini di tengah mengikuti kompetisi wisata di sekitar Yogyakarta. Keseluruhan Jurang Tembelan Kanigoro bisa menjadi wisata alternatif dan komplementer untuk mengambil gambar dan berselfie selain Bukit Panguk Kediwung dan puncak bukit di Kebun Muah Mangunan.

1 komentar: