Rabu, 24 Mei 2017

pantai watu lawang yogyakarta

Watulawang pantai adalah salah satu pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dari batu dengan pasir putih. Pantai ini diapit oleh dua pantai terkenal pertama, yaitu Pantai Indrayanti terletak di Barat dan Pok Tunggal Beach terletak di pesisir timur Watulawang ini.
Disebut Watulawang pantai karena pantai ini ada gua batu digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan atau biasa disebut nyadran upacara (upacara adat yang dilangsungkan pada bulan Sya'ban dalam kalender Hijriah atau Kalender Islam). Dan batu penutup pintu ini hanya terbuka dan dapat dimasukkan dengan kerumunan orang di acara tradisional nyadran thats it. Menurut para penatua gua yang menurut penduduk lokal adalah jejak dari Prabu Brawijaya VI. Disebut Goa Watulawang karena ada batu berbentuk seperti sebuah pintu yang ada di mulut gua.
Pantai Watulawang dibagi menjadi 2 bagian, berdasarkan letaknya. Pertama bagian barat gua dan daerah pesisir tidak terlalu luas. Sementara di kedua bagian terletak di Timur memiliki daerah pantai yang lebih luas. Di Timur itu sering digunakan untuk kegiatan olahraga air.
Menurut beberapa sumber gua Watulawang sering digunakan untuk menyimpan sebuah upacara adat sadranan atau nyadran (upacara adat yang diselenggarakan pada bulan Sya'ban dalam kalender Hijriah atau Kalender Islam, batu penutup pintu hanya buka dan dapat dimasukkan dengan orang-orang di upacara nyadran waktu hanya.
Jarak tempuh ke pantai ini tidak cukup lama, hanya dibutuhkan sekitar 1 jam lebih dari 45 menit jika diambil dari Yogyakarta dan menggunakan motor pribadi. Jalan ini watulawang masih tanah dan batu kapur batu dan jika menggunakan mobil hanya dapat dilalui oleh 1 mobil, dan itu terlalu sangat pas dengan lebar mobil.
Untuk mencapai pantai Watulawang Anda harus drive kendaraan ke arah timur dari Pantai Indrayanti. Setelah berjalan perlahan berikutnya Anda akan menemukan plang menampilkan jalan ke pantai Watulawang yang merupakan 200 m jauhnya.
• Jika menggunakan transportasi umum menggunakan Yogya bus - Wonosari turun di terminal kemudian mencari layanan antar-jemput ke pantai Watulawang.
• Dari Yogyakarta Anda dapat melewati jalan Imogiri West Road - Panggang - Saptosari - Pantai Baron - Kukup Beach - Tepus - Pantai Krakal - Watulawang Beach.
• Juga dapat dari Yogyakarta secara langsung ke kota Wonosari setelah itu Anda akan menemukan arah ke Pantai Indrayanti dan kemudian ke Watulawang Beach.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar