Rabu, 24 Mei 2017

pantai ngobaran bak pantai di bali

Satu lebih unik wisata di jogja. Pantai Ngobaran, pantai terletak di Kabupaten Gunungkidul ini sangat menarik karena ada sebuah kuil, tempat ibadah agama Hindu. Dekat Candi juga terdapat masjid yang kecil untuk menyembah agama Islam, masjid yang unik menghadap ke Selatan, tetapi penduduk terus berdoa dengan wajah menuju ke arah kiblat.
Di bawah atau pantai, itu juga sering digunakan untuk upacara-upacara untuk pengikut Kejawen. Jika kita mengambil kesimpulan, pantai ini meradang memiliki simbol toleransi. Meskipun berbeda agama, bahkan bisa dikatakan menjadi bertentangan, tetapi orang-orang percaya di sini dapat menyembah damai dan berdampingan.
Legenda dari Kerajaan Majapahit belakang keindahan Pantai Ngobaran
Menurut cerita masyarakat sekitar, nama pantai ngobaran ada kaitanya dengan kerajaan majapahit dan kerajaan demak. Dikatakan bahwa kisah kuno kali ketika Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh raja Vijaya mulai di sudut oleh Kerajaan demak dipimpin oleh nya sendri putra raden patah mulai menyerang kerajaan majapahit.
Dengan paksa raja brawijaya meninggalkan majapit Raya dengan anaknya bernama bondan kejawan dan berjalan ke Barat. Jadi mendapatkan pesisir sangat tenang dan damai. Sampai akhirnya raja majapahit penguasa memutuskan untuk melakukan uacaa muksa.
Alasan raja brawijaya V melakukan upacara muksa karena raja tidak mau berperang dengan anak-Nya sendiri yang raja Kerajaan demak 1 yang raden patah. Raja dilakukan upacara membakar diri yang meradang api dengan api sangat besar. Menurut cerita yang berasal dari masyarakat dari mana pantai bernama Pantai ngobaran.

Secara administratif unik pantai wisata di yogyakarta terletak di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat titik pantai adalah-8.119194, 110.505806. Pantai ngobaran gunungkidul dapat diakses dengan menggunakan kendaraan prbadi hanya dengan jalan yang sangat halus.
Rute untuk ngobarang kepantai sangat mudah, ada 2 rute ke pantai ini, yang pertama adalah rute melalui jalan Timur Imogiri, dari kota jogja menuju imogiri timur jalan. Lurus ke atas di persimpangan imogiri pasar mengambil hak. Lurus kemudian mengambil kiri menuju selopamioro, sampai kemudian menemukan selatan melintasi jalan. Ikuti jalan sampai kemudian di sebelah kanan jalan ada petunjuk menuju pantai ngobaran.
Jalur kedua adalah melewati jalan wonosari. Dari kota jogja menuju jalan wonosari, kemudian naik ke arah kota wonosari, mengambil arah ke pantai baron. Mendapatkan ke pantai baron tepat pasang surut. Kemudian di sebelah kiri jalan sana adalah tidak tahu untuk pantai ngobaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar