Rabu, 17 Mei 2017

wisata alam trenggalek

Trenggalek adalah salah satu kabupaten di bagian Selatan Jawa Timur, yang berbatasan dengan Ponorogo dan Tulungagung. Setelah berkeliling kota / Kabupaten di Jawa Timur, Trenggalek adalah distrik paling sepi. Namun tetap Trenggalek turis indah tempat, terutama dalam bentuk wisata pantai, gua, dan air terjun. Berikut akan menjelaskan tur di Trenggalek yang harus Anda kunjungi.
1. Goa Lowo

Goa Lowo atau Goa Kelelawar terletak di desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, 30 km di selatan kota Trenggalek, salah satu cara untuk Prigi Beach, Karangggongso pantai dan pantai Damas. Tidak sulit untuk sampai ke lokasi gua ini, karena jalan relatif baik dan aman, meskipun harus lulus antara hutan jati. Goa Lowo memiliki lebar 50 M dan tinggi sekitar 20-50 M, dan dihiasi dengan dinding yang terbentuk secara alami dan unik.

Areal seluas ± 20 ha terdiri dari luar area Goa Lowo dalam bentuk parkir, jalan menuju gua, fasilitas pendukung (Warung makan dan kios, bermain anak tempat istirahat, mesjid, toilet), utilitas dan hutan jati. Daerah di Goa Lowo terdiri dari Jembatan pengunjung, pencahayaan, tempat istirahat, stalaktit dan stalagmit berbagai bentuk-bentuk yang indah dan menakjubkan dan terdiri dari 9 ruang tinggi dan luas. Goa Lowo terletak di ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut (dpl) dengan struktur tanah berbatu kapur dan marmer.

Kegiatan utama di tempat-tempat wisata Goa Lowo dapat menikmati panorama stalaktit dan stalagmit sepanjang lorong gua 850 meter atau 9 gua aula utama yang didukung oleh panggung hiburan secara berkala dalam bentuk band, campursari dan lain-lain. Menurut gua ahli dari Perancis (Mr Gilbert Manthovani dan Tn. Robert Kingstone Kho dalam penelitiannya 1985) menyatakan bahwa Goa Lowo sebagai gua terpanjang dan paling indah yang terbesar di Asia Tenggara.

2. Prigi Beach


Area pantai Prigi adalah ± 5 ha dan panjang ± 2 km. Pantai ini terletak di desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, atau sekitar 69 Km Selatan kota Trenggalek. Jalan menuju pantai Prigi sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian menengah. Prestasi dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui Kabupaten Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ± 30 km. jauh dari Bandung ke goa Lowo ± 8km. Setelah tiba di km 8 memasuki Gua Lowo, dari jalan ke pintu masuk sekitar 200 meter.

Jenis transportasi (motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, jenis MPU colt / bison tersedia mulai dari persimpangan tiga Durenan dari Trenggalek kota terminal menggunakan bus mini kecil Trenggalek - Durenan - Bandung - Watulimo di desa Watuagung dengan waktu layanan transportasi dari pukul 06.00 17.00 WIB di penambahan menjadi objek wisata sering dikunjungi di Trenggalek, Prigi Beach adalah juga terbesar ikan lelang tempat (TPI) dan pelabuhan Nusantara terbesar di Pantai Selatan Jawa bos lho.

Ketika Anda mengunjungi Prigi Beach dapat menikmati waktu dengan kolam / bermain air, berkemah dan olahraga, anak-anak permainan, interaksi Memancing, ikan segar belanja, Memancing, Tenis, atau hanya tinggal di beberapa dekat pantai. Prigi pantai akan menjadi lebih ramai ketika ada sebuah upacara laut kotoran / Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan produk laut yang melimpah.

Upacara ini biasanya diadakan setiap minggu Pon Pono Selo Jawa kalender pasar. Selain upacara thanksgiving, orang-orang di sini juga percaya bahwa upacara Larung Sembonyo dianggap sebagai peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara.

Raden Tumenggung Yudha Negara adalah kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka Prigi wilayah dengan jaminan bersedia untuk menikahi Putri Gambar Inten.

3. Karanggongso Beach


Karanggongso pantai ini berjarak ± 3 km di timur pantai Prigi, tepatnya berada di desa Tasikmadu Watulimo distrik ± 52 km selatan kota Trenggalek. Area pantai Karanggongso sekitar 4 ha dan 1 km panjang. Ombak di pantai Karanggongso relatif tenang sehingga sempurna untuk berenang dan berendam. Kami juga dapat berinteraksi dengan para nelayan di laut / Sembonyo mendarat acara di setiap bulan Suro Jawa Jawa.

Jalan menuju Karanggongso pantai beraspal dengan kondisi baik dan untuk mencapai pantai lokasi pantai Anda dapat melalui kota Trenggalek dan Tulungagung. Jika Anda berasal dari Tulungagung dapat melewati Bandung, Kabupaten Tulungagung berikutnya dari Bandung perjalanan jarak ± 18 km ke distrik Watulimo.

Jika Anda berasal dari Trenggalek kota dapat pergi melalui terminal dengan kode XL minibus jurusan Trenggalek - Durenan - Bandung - Watulimo dan dilanjutkan dengan modus transportasi umum lokal (colt dan ojek). Dari persimpangan 3 pantai Prigi lurus 3 km dengan kondisi jalan yang relatif baik, dengan sarana transportasi sepeda motor, Mobil, bus dapat mencapai lokasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar